Bagaimana Mengajak Perempuan Ke Free Software

Karen Sandler, GNOME Foundation Executive Director berbicara mengenai bagaimana mengajak perempuan lebih banyak ke free software dalam Collaboration Summit yang diadakan oleh Linux Foundation.
Industri software memerlukan perubahan budaya agar dapat dapat memberikan lingkungan yang baik untuk perempuan, terutama di komunitas free software. Saat ini ada 25% programmer perempuan, tetapi hanya 3% yang bekerja di dunia free software.
Berita baiknya adalah menarik programmer perempuan ke dunia free software dapat dilakukan melalui program GNOME Outreach Program for Women (OPW), pelatihan internal yang didesain untuk mengajak dan membimbing perempuan ke komunitas.

Dari pembicaraannya dapat ditarik kesimpulan, langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam free software:
1. Memperlakukan perempuan dengan obyektif
2. Menerima non-programmer dan siswi/mahasiswi
3. Pasangkan dengan mentor. Ada kalanya mereka ingin bertanya dan mendapati milis menakutkan (seberapa banyak sih perempuan di milis?), mentor akan menjadikan mereka diterima dan nyaman.
4. Menyertakan mereka dalam proyek. Bisa jadi itu remeh temeh, seperti memperbaiki bug minor, menulis 1 paragraf dokumentasi atau lainnya. Hal tersebut akan memberikan awal mula yang baik untuk bergabung dengan komunitas.
5. Jangan menekan mereka untuk ikut serta atau mengerjakan proyek yang ambisius. Buatlah optional, seperti lainnya
Kunci suksesnya, menurut Karen Sandler adalah dengan memikirkan mengapa perempuan tidak berpartisipasi dan menngatasinya secara sistematis.
Disarikan dari How to Bring More Women to Free and Open Source Software

2 thoughts on “Bagaimana Mengajak Perempuan Ke Free Software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *