Linux dan Pengalamanku

Linux, apa sih linux? mungkin kata ini bagi sebagian orang  masih terdengar asing, apalagi bagi sebagian orang yang bukan dibidang komputer. Nah disini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya menggunakan linux. Sejujurnya  perjalanan saya mengenal linux sudah dimulai semenjak awal masuk SMA, dari sana saya dikenalkan dengan yang namanya linux mandriva. Pada awalnya saya tidak tahu mandriva itu apa, sebuah CD yang pada awalnya saya dapatkan satu paket dengan komputer yang saya beli,  saya kira itu adalah CD Driver ternyata itu salah satu varian distribusi Linux, Sistem Operasi Linux yang saya gunakan waktu itu cukup menarik, apalagi dengan tampilan yang bisa dibilang wah lah kalau saya berpendapat lebih bagus daripada windows XP. Nah dari situlah mulai ketertarikan saya mengenal linux. Mulai coba coba pakai live CD kemudian Install, nah sampai sejauh ini tidak ada masalah yang berarti sebab saya masih belum paham seluruhnya. Saya lupa Mandriva versi berapa sebab saya pada saat itu  juga belum paham betul.
 
Sistem Operasi Linux
 
Linux, karena terlalu banyaknya varian distribusi linux terkadang kita bingung mau pilih linux apa, jawaban saya sih ya gunakan yang mau kamu gunakan dan suatu saat ada masalah kita bisa cari banyak solusinya. Sejak awal kuliah beralihlah saya ke Ubuntu, karena kakak senior saya banyak juga ternyata yang menggunakan ubuntu. Hal ini saya ketahui ketika saya mengikuti seminar yang diadakan Himpunan Mahasiswa, dan ternyata Linux itu keren, waaw. Disini saya pernah kehilangan isi hardisk karena salah pilih partisi, kebiasaan install main next next aja, mendadak hati galau, mendadak pusing, keringet dingin, dll.
Perasaan saat itu campur aduk, mungkin saya sedang sial, tapi saya tidak meyakini hal itu, saya yakin semua ada hikmahnya, dan ternyata selain saya diluar sana juga banyak yang mengalami hal yang demikian, maklum baru sesekali install linux,  saya baca banyak artikel di internet mulai dari mengembalikan data yang hilang sampai recovery hardisk, tapi ya sudahlah saya memilih untuk mengikhlaskan data saya yang hilang, lain kali saya harus berhati hati, dan jangan sampai lengah. Besoknya saya lanjutkan instalasi, ketika berhasil saya sempat bingung. maklum saat itu masih tergolong pengguna baru, bahasa kerennya newbie gan hehe.
Suatu ketika saya ikut acara yang diadakan majalah ilmu komputer, disana saya dapat majalah yang isinya ada Linux Open Suse 13.1, dalam hati saya bergumam, waaah Open Suse keluaran terbaru nih, saya coba install dan memang beda. Memang pada awal saya menggunakan linux banyak terdapat kesulitan, apalagi yang hobi gonta ganti linux,  nah setelah saya ikuti berbagai forum, baca baca di internet lama kelamaan disana saya banyak belajar, ini loh linux, ini loh macam macam linux, ini loh cara instalasi linux, ini loh program program di linux, begini loh cara optimalisasi linux, begini loh mengatasi masalah ini dan itu, dll.
Dan saya  sadar bahwa semua kesulitan itu hanyalah permulaan, bermula dari ketidaktahuan sama halnya ketika kita baru belajar Microsoft, ya karena memang ketika kita belajar menggunakan linux sejatinya harus belajar dari awal lagi, meskipun saya temukan banyak kesulitan. Alhamdulillah semua itu dapat saya atasi, meskipun semua itu membutuhkan perjuangan, mulai dari  bertanya ke kakak senior yang tahu, searching kesana kemari, tanya teman di forum, ya semua itu yang saya lakukan. itulah nikmatnya perjuangan.
 
 

1 thought on “Linux dan Pengalamanku

Leave a Reply

Your email address will not be published.